Telah Hadir Buletin Hamizah Badko TPA Kec. Jatinom, Terbit Setiap Bulan Sekali & Gratis. Pemesanan & Donatur Hubungi Anas di 085647934668. Buletin Hamizah, Santun & Bijaksana

Senin, 31 Oktober 2011

PROFIL BADKO TKA TPA KEC. JATINOM

PROFIL BADKO TKA TPA KEC. JATINOM

I. Pendahuluan
Anak-anak kita adalah pewaris perjuangan dakwah kita nanti. Di pundak merekalah tumpuan masa depan umat ini di sandarkan. Di genggaman merekalah cita-cita besarnya tegaknya Islam diperjuangkan. Dan kitalah yang seharusnya memulai. Tantangan demi tantangan yang silih berganti menuntut kita untuk bisa survive. Bertahan dalam setiap persoalan generasi kita.  
Badan Koordinasi TPA/ TKA Kec. Jatinom menjadi satu diantara sekian banyak pola pertahanan dalam membentuk dan menciptakan yang tidak hanya sekedar mampu bertahan, namun juga mampu memberikan solusi & berkontribusi untuk umat di masa-masa yang akan datang.
Di Jatinom sendiri, perkembangan Badko dari hari ke hari telah menunjukkan trend positif. Perkembangan TPA juga meningkat tajam, dari yang hanya sekitar 50 TPA yang tersebar di 18 desa dan kelurahan, kini meningkat mencapai 90an TPA. (data terakhir juni 2011)
Meskipun demikian tidak kita pungkiri, bahwa perjalanan TPA tidak semua berjalan seperti apa yang kita inginkan. Ada berbagai kendala yang menghambat perkembangan TPA di Jatinom, diantara masalah klasik yang sering ditemukan adalah, minimnya Ustadz/ah dan kurangnya pendanaan.
Oleh karena itulah Badko TPA Jatinom selalu berbenah dan mengevaluasi diri untuk melayani umat. Hal ini dibuktikan dengan adanya regenerasi kepengurusan. Bahkan untuk menjaga regenerasi itu bisa maksimal, Badko Jatinom menetapkan kepengurusan Badko hanya 2 tahun dalam 1 periode, sedangkan AD/ART yang dibuat oleh Badko Pusat selama 4 tahun.
Semoga pembenahan-pembenahan ini dapat bermanfaat untuk melahirkan pemimpin-pemimpin umat di masa yang akan datang.    

  
II. Nama Lembaga
Badan Koordinasi (BADKO) TKA TPA Kecamatan Jatinom.
III. Visi dan Misi
A. Visi
Menjadikan TKA TPA se Kecamatan Jatinom sebagai wadah pembinaan dasar bagi generasi muslim yang terbina secara profesional.
B. Misi
  • Meningkatkan kualitas TKA TPA agar tumbuh menjadi generasi yang sholih-sholihah.
  • Meningkatkan kualitas sumber daya ustadz agar mampu meningkatkan strategi dan metode pembelajaran TKA TPA dengan baik.
  • Menjalin ukhuwah dan silaturrahmi antara pengurus BADKO Kecamatan  BADKO Rayon (Sub Badko), ustadz dan santri TKA TPA dengan Pemerintah Kecamatan Jatinom.

III. Dasar Hukum
1. Keputusan bersama Mendagri dan Menteri Agama RI No. 128 tahun 1982 / No. 44.A tahun 1982 tentang Usaha Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Huruf Alquran bagi umat Islam dalam rangka Peningkatan dan Pengamalan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.
2. Instruksi Gubernur DIY No. 5/Ins/1997 tentang Gerakan Pemahaman dan Pengamalan Isi Kandungan Alquran bagi umat Islam di Propinsi DIY
3. Instruksi Bupati Kepala Kecamatan  tingkat II Sleman No. 2/INSTR/KDH/1994 tentang Peningkatan Gerakan Baca Tulis Alquran bagi umat Islam di Kecamatan Jatinom.
IV. Landasan Kegiatan
Keberadaan TKA TPA berdasarkan pada:
- Alquran Surat At Tahrim ayat 6:
 Hai orang-orang yang beriman, jagalah diri dan keluargamu dari siksa api neraka”.
- QS. Al Muzammil : 4
“Dan bacalah Alquran dengan Tartil”
- Hadits Rasulullah
a. “Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya”. (HR. Bukhari)
b. “Didiklah anak-anakmu dengan tiga perkara; mencintai nabimu, mencintai kerluarga Nabi dan membaca Alquran” (HR. At-Thobroni).
Sekretariat dan Tempat Kegiatan
a. Sekretariat
Kantor LPTQ KUA Kec. Jatinom
d/a. Krajan Krajan Jatinom Klaten 57481
b. Tempat Kegiatan TPA
Di seluruh wilayah dusun / desa se Kecamatan Jatinom

Penutup
TKA TPA sebagai wadah pembinaan generasi Qurani sangat strategis untuk menyiapkan dan membentuk generasi yang sholih-sholihah, terutama untuk menyongsong masa depan yang lebih gemilang. Untuk mencapai hal tersebut perlu sumberdaya ustadz yang sangat memadai baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.
Santri TKA TPA sebagai generasi harapan mengembangan amanah yang cukup berat dalam meniti kehidupan di masa datang, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dari sisi ilmu keduniawian, dan nilai taqwa dari sisi ukhrowinya. Sudah seharusnya kami selaku Pengurus BADKO Kecamatan  TKA TPA Kecamatan Jatinom melalui pengurus bermaksud menyelenggarakan kegiatan baik secara rutin maupun insidental di beberapa tingkat, baik skala kabupaten maupun kecamatan, sebagai tolok ukur keberhasilan Pendidikan Alquran. Dengan demikian kian tumbuh lagi semangat dan motivasi dalam belajar dan mendalami Alquran sebagai landasan dalam melaksanakan tujuan yang yang seiring dengan tujuan pendidikan nasional yakni Taqwa, Cerdas dan Trampil.

1 komentar:

Strange "water hack" burns 2lbs overnight

More than 160000 women and men are trying a easy and secret "liquids hack" to burn 2lbs each and every night while they sleep.

It's simple and works on anybody.

Just follow these easy step:

1) Take a drinking glass and fill it up half full

2) And now learn this weight losing HACK

and you'll become 2lbs skinnier as soon as tomorrow!

Posting Komentar